Tes genetika adalah tes yang dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kondisi genetika seseorang. Misalnya, beberapa test genetika meliputi tes untuk mutasi gen yang bisa menyebabkan penyakit, atau tes untuk menentukan keturunan.  Beberapa kegunaan tes genetika adalah:

  1. Memberi diagnosa jika seseorang mempunyai gejala penyakit.
  1. Menunjukkan apakah seseorang itu pembawa penyakit keturunan. Pembawa mempunyai gen yang berubah, tetapi tidak akan terkena penyakit tersebut. Namun, mereka bisa menurunkan gen itu ke anak-anak mereka.
  1. Membantu calon orang tua untuk mengetahui apakah calon anak mereka akan memiliki kondisi genetik tertentu/kelainan/penyakit. Ini yang disebut tes sebelum kehamilan.
  1. Memeriksa jika ada ketidaknormalam atau protein yang hilang pada bayi baru lahir. Ini dinamakan Pemeriksaan Anak Baru Lahir, yang serupa dengan Tes Genetika Untuk Mengetahui Kerentanan Terhadap Penyakit.
  1. Menunjukkan jika seseorang tersebut mempunyai kecenderungan terkena penyakit tertentu yang diwariskan sebelum gejala itu menyerang. Inilah yang dinamakan Tes Genetika Untuk Mengetahui Kerentanan Terhadap penyakit.
  1. Menentukan jenis atau dosis obat yang cocok untuk tipe individu tertentu. Ini yang disebu farmakogenetik.
  1. Mengetahui jika seseorang punya bakat bawaan tertentu, sifat atau kecenderungan, yang menjadi tujuan Tes Genetika Untuk Mengetahui Bakat Bawaan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai gen dan tes genetika, Anda bisa mengunjungi situs genome.gov, di mana banyak informasi untuk orang-orang dengan tingkat pemahaman yang berbeda mengenai masalah genetika ini.